Hobby: Akuaponik Untuk Pemula.

 
Hobby: Akuaponik Untuk Pemula.
Akuaponik adalah sistem pertanian berkelanjutan yang mengkombinasikan akuakultur dan hidroponik dalam lingkungan yang bersifat simbiotik. Dalam akuakultur yang normal, ekskresi dari hewan yang dipelihara akan terakumulasi di air dan meningkatkan toksisitas air jika tidak dibuang. Dalam akuaponik, ekskresi hewan diberikan kepada tanaman agar dipecah menjadi nitrat dan nitrit melalui proses alami, dan dimanfaatkan oleh tanaman sebagai nutrisi. Air kemudian bersirkulasi kembali ke sistem akuakultur.(Wikipedia.com)
Di atas adalah pengertian akuaponik yang copazz ambil dari wikipedia, semoga teman-teman faham .
selanjutnya copazz akan coba untuk memjabarkan apa saja yang harus di perhatikan untuk memulai menjadi petani ikan akuaponik.

yang pertama, Sobat Petani Pemula harus mencari tau info soal  ikan dan tanaman air yang cocok untuk pemula, dalam arti mudah dipelihara untuk pemula.
ikan yang biasa dipelihara antara lain : Ikan Nila, Ikan Lele,Ikan Mas,Belut .

yang kedua, Pertimbangkan Luas Lahan Akuaponik dengan Jumlah Ikan dan tanaman yang akan kita masukan, jangan sampai ikan yang ikan masukan terlalu banyak,sehingga membuat ikan berebutan oksigen dan membuat mereka menjadi kelaparan dan juga meninggikan tingkat stres mereka.

yang ketiga, Perhatikan Pakan / Makanan ikan.
  1. Saat Anda memberi makan ikan Anda, ikan Anda harus bisa makan semua makanan sekitar lima menit.
  2. Jika ikan Anda tidak bisa memakan semua makanan yang Anda masukkan ke dalam, Anda harus mengeluarkan sisa makanan.
  3. Anda juga harus mempertimbangkan untuk mengurangi jumlah yang Anda berikan pada ikan Anda. Saat memberi makan ikan Anda, Anda harus memilih waktu makan.
  4. Jika Anda memiliki sejumlah kecil ikan, Anda mungkin perlu memberi makan ikan Anda lebih sering sehingga menghasilkan jumlah limbah yang dibutuhkan tanaman Anda.
  5. Jika Anda memiliki terlalu banyak ikan untuk tanaman Anda, Anda dapat mengurangi jumlah waktu yang Anda berikan untuk tanaman Anda.
  6. Untuk mendapatkan hasil maksimal dari ikan aquaponics Anda, Anda harus memberi makan dengan makanan berkualitas.
  7. Karena pemborosan ikan membuat tanaman Anda tumbuh, makanan berkualitas akan memberi tanaman Anda nutrisi terbaik yang bisa mereka dapatkan. Salah satu pilihan makanan ikan adalah makanan ikan komersial. 
yang Terakhir, Perhatikan Kualitas air jangan sampai tingkat Amonia atau Nitrit menjadi terlalu tinggi untuk periode tertentu, ikan bisa sakit dan bahkan mati.
 
Sekian.

 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama