10 Cara Untuk Ibu Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil

- 10:44
            
ibu hamil
                Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil 8 bulan atau hamil 9 bulan secara aman. Kehamilan adalah proses cukup panjang yang membutuhkan perjuangan. Ketika seorang wanita hamil, ia akan mengalami perubahan bentuk tubuh secara drastis yang memang wajar dialami oleh para ibu. Berbagai keluhan pun akan mulai berdatangan. Misalnya saja, mual, muntah, mudah lelah, dan yang paling sering terjadi adalah kaki bengkak.

                  Ibu hamil akan mengalami kaki bengkak karena pertambahan berat badan secara drastis yang ditopang oleh kakinya yang selama ini biasa menahan berat badan normal. Kaki bengkak saat hamil disebabkan karena tubuh sobat cenderung menahan cairan 30% lebih banyak dari kondisi normal. Selain itu karena pembuluh darah balik pada bagian kaki yang tersumbat oleh pelebaran rahim.
Cara Mengatasi Kaki Bengkak Saat Hamil 8 Bulan
                            Para wanita akan mulai mengalami kaki bengkak di usia kehamilan trimester ketiga, karena bobot sobat yang makin berat. Walau hal ini wajar terjadi, tentu saja akan menyebabkan rasa tak nyaman bila dibiarkan begitu saja. Berikut ini kami sajikan beberapa tips untuk mengatasi kaki bengkak saat hamil.

1. Kurangi garam
    Bila kaki mulai bengkak, sebaiknya sobat mengurangi konsumi makanan yang mengandung banyak garam. Sebab sifat garam lebih mudah menyerap air dan mengakibatkan kaki sobat membengkak.

2. Kurangi berdiri terlalu lama
    Berdiri dalam jangka waktu yang lama ternyata juga jadi penyebab kaki bengkak ketika hamil. Bila sobat terpaksa berdiri dalam jangka waktu lama, sebaiknya selingi dengan berjalan sebentar. Hal ini dilakukan untuk memperlancar sirkulasi di daerah kaki.

3. Duduk dengan posisi kaki lebih tinggi dari jantung
    Ketika duduk, usahakan meletakkan kaki lebih tinggi dari jantung. Posisi semacam itu bisa memperlancar peredaran darah. Selain duduk, saat tidur pun sobat bisa menaruh bantal sebagai penyangga kaki supaya posisi kaki lebih tinggi dari kepala.

4. Jangan mengenakan sepatu high heels
   High heels atau sepatu hak tinggi benar-benar membahayakan keselamatan ibu hamil beserta bayi dalam kandungannya. Pasalnya, sepatu hak tinggi membuat sobat rentan terpeleset atau tersandung. Selain itu juga membuat peredaran darah tak lancar hingga menyebabkan kaki bengkak. Selain itu, memakai sepatu high heels ini juga cukup berbahaya bbagi ibu hamil. Tidak hanya ibu hamil, menggunakan sepatu high heels juga cukup berbahaya jika terlalu sering dan terlalu lama digunakan. 
6. Perbanyak minum air putih
    Mengkonsumsi air putih ketika hamil memang sangat dianjurkan. Hal ini juga sangat membantu bagi sobat yang mengalami kaki bengkak. Minum banyak air putih bisa mengurangi rasa sakit yang sobat keluhkan.

7. Memijat kaki
    Memijat tangan dan kaki dengan rutin memang dianjurkan. Sobat bisa memijat sendiri bagian atas betik sampai ke paha dengan menggunakan minyak zaitun atau baby oil. Pijatlah dengan lembut supaya otot-otot tubuh lebih rileks dan mengurangi kaki yang bengkak.

8. Berenang atau berendam dalam air
   Bila kaki sobat bengkak, salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan berenang atau berendam dalam air. Jika sedang berenang, usahakan berjalan di dasar kolam. Sebab, hal itu bisa membantu melancarkan sirkulasi darah pada wanita yang sedang hamil. Bila kolam renang terlalu jauh, sobat bisa merendam diri dalam bak mandi.

9. Olahraga teratur  
    Walaupun sedang hamil, jangan sampai sobat melupakan jadwal untuk berolahraga. Pastikan sobat tetap rutin olahraga saat hamil. Hal ini bisa membantu sobat menghilangkan berbagai keluhan ketika hamil dan juga sangat membantu ketika proses persalinan kelak.

10. Melakukan gerakan ringan 
kaki sedang bengkak, sobat bisa meredakannya dengan duduk luruskan kaki sambil melemaskan kaki dengan cara menekuk kaki atau memutar-mutar daerah pergelangan kaki. 10 Cara Untuk Ibu Mengatasi Kaki Bengkak Saat HamilSetelah itu luruskan lagi kaki sobat. Cara ini efektif untuk melancarkan peredaran darah di sekitar kaki yang bengkak.

                 
                    Demikian tadi beberapa tips cara mengatasi kaki bengkak saat hamil yang bisa sobat coba lakukan untuk menurunkan pembengkakan yang terjadi pada kaki sobat. Selain pembengkakan pada kaki, ada beberapa keluhan yang terjadi pada ibu hamil, seperti pusing, perasaan ingin muntah dan masih banyak lagi.

Advertisement


EmoticonEmoticon

Note: only a member of this blog may post a comment.

 

Start typing and press Enter to search