Wednesday, 14 February 2018

Kontraksi Palsu / Braxton Hicks dan Penanganannya.

                            Kontraksi Palsu / Braxton Hicks pada ibu hamil selain membuat ibu hamil kesakitan tetapi juga membuat suami jantungan, bagaimana tidak di kira sudah waktunya melahirkan, oleh karena itu sebaiknya untuk mengetahui beda antara kontraksi palsu dan kontraksi mau melahirkan.
Braxton Hicks adalah istilah medis untuk menamai kontraksi palsu ini. Ini merupakan cara tubuh untuk bersiap-siap dari jauh-jauh hari mengkondisikan rahim dan jalan lahir agar nantinya siap melakukan persalinan. Kontraksi melahirkan atau yang asli memiliki karakteristik yang khas, sehingga kita akan dapat membedakan apakah itu kontraksi palsu atau asli.
Kontraksi Palsu / Braxton Hicks dan Penanganannya.
sumber: google.com


Ciri-ciri Kontraksi Palsu Braxton Hicks Beberapa wanita menggambarkan kontraksi Braxton Hicks seperti pengetatan atau mengencangnya perut yang hilang timbul. Banyak wanita mengatakan kontraksi palsu terasa seperti kram menstruasi ringan. Kontraksi Braxton Hicks ini mungkin akan terasa tidak nyaman, namun ini bukanlah tanda-tanda persalinan, makanya kita sebut palsu.
Kontraksi Palsu Memiliki sifat-sifat sebagai berikut:
·         Tidak begitu menyakitkan
·         Tidak terjadi secara berkala
·         Munculnya jarang-jarang
·         Tidak menjadi semakin sakit saat berjalan
·         Waktu munculnya lebih sebentar dibanding
·         Semakin lama tidak semakin kuat kontraksinya
Ibu hamil biasanya merasakan kontraksi palsu Braxton Hicks ini selama trimester ketiga atau akhir trimester kedua. Ini adalah normal, maka tidak perlu khawatir. Namun, apabila kontraksi palsu ini sampai membuat Anda tidak nyaman, maka dapat melakukan tips di bawah ini untuk meringankan:
·     Jalan-jalan. Kontraksi persalinan palsu sering berhenti ketika Anda mengubah posisi atau bangun dan bergerak.
·         Istirahat atau tidur yang cukup.
·         Buat badan menjadi rileks dengan mandi air hangat atau dengan mendengarkan musik.

Ciri-Ciri Kontraksi Melahirkan (Asli):
                  Kontraksi persalinan akan menimbulkan rasa sakit dan tekanan di panggul serta ketidaknyamanan atau rasa sakit di punggung atau perut bagian bawah. Beberapa wanita mungkin juga merasa sakit di daerah paha bagian dalam (selangkangan). Rasa sakit datang dan pergi secara berkala dan frekuensi serta intensitasnya akan semakin kuat seiring mendekati waktu persalinan. Beberapa ibu hamil menggambarkan kontraksi melahirkan terasa seperti kram menstruasi yang kuat, sementara yang lain menggambarkan seperti rasa mules saat kram diare.

Segera hubungi dokter atau bidan, jika ibu mengalami tanda-tanda kontraksi melahirkan atau tanda persalinan sebagai berikut:
1.      Kontraksi setiap 10 menit atau lebih dari lima kontraksi dalam satu jam
2.      Kontraksi biasa atau rasa sakit di punggung atau perut bagian bawah
3.      Peningkatan tekanan di panggul atau Vagina Pendarahan dari jalan lahir
4.      Keluar cairan (air-air) banyak dari jalan lahir

Perbandingan Kontrasi Palsu dan Asli
Agar menjadi mudah, berikut ini beberapa ceklist yang dapat dijadikan pedoman untuk membedakan apakah kontraksi palsu atau kontrasi melahirkan, sebagai rangkuman dari apa yang telah dipaparkan di atas.

Seberapa sering kontraksi terjadi?
·         Kontraksi palsu: Kontraksi sering tidak teratur dan jarang.
·        Kontraksi Melahirkan: Kontraksi datang secara berkala dan berlangsung sekitar 30-70 detik. Dengan berjalannya waktu, akan menjadi lebih sering dan kuat.

Apakah ada perubahan saat berpindah posisi?
·      Kontraksi palsu: Kontraksi mungkin berhenti ketika berjalan atau istirahat, atau bahkan mungkin berhenti jika Anda mengubah posisi.
·     Kontraksi Asli: Kontraksi terus terjadi meskipun Anda memindahkan atau mengubah posisi. Juga akan terus terjadi meskipun Anda beristirahat.
Seberapa kuat kontraksi yang terjadi?
·      Kontraksi palsu: Kontraksi biasanya lemah dan tidak begitu kuat. Atau mungkin kuat pada awalnya dan kemudian menjadi lemah.
·        Kontraksi Melahirkan: Kontraksi akan terus menjadi kuat dan semakin kuat lagi.
Di bagian mana yang terasa sakit?
·        Kontraksi palsu: Biasanya hanya terasa sakit perut di bagian depan atau panggul.
·     Kontraksi persalinan: Kontraksi yang lebih intens dan mungkin rasa sakit mulai di punggung bawah dan bergerak ke perut bagian depan. Atau mungkin mulai di perut dan pindah ke punggung.

.



Read More...

Thursday, 1 February 2018

Hobi : Berternak Ikan cupang.

             Mengembangbiakkan ikan cupang adalah sebuah hobi yang seru. Tetapi, itu bukanlah suatu hal yang mudah. Bila Anda memiliki banyak waktu, sumber daya, pengetahuan, dan komitmen yang diperlukan untuk mengembangbiakkan ikan cupang, maka ini akan menjadi pengalaman yang berharga.

Hobi : Berternak Ikan cupang.
Bagian 1 : Mempersiapkan Wadah dan Memilih Cupang yang akan Dikembangbiakkan

1. Mempersiapkan wadah permanen. Ketika Anda siap untuk mencoba mengembangbiakkan cupang, pertama-tama Anda harus mempersiapkan tempat tinggal pasangan ikan yang akan dikembangbiakkan. Siapkan dua wadah, Pastikan bahwa Anda mengendapkan air dalam wadah terlebih dahulu sebelum Anda membeli ikan dan memasukkannya ke dalam wadah tersebu.

2. Dapatkan sepasang ikan cupang yang dikembangbiakkan. Saat terbaik untuk mengawinkan cupang adalah ketika cupang berada pada usia muda, sehingga Anda akan memiliki tingkat keberhasilan yang tinggi bila Anda bisa mendapatkan sepasang cupang dari peternak ternama secara daring ataupun langsung di daerah sekitar Anda, Anda juga bisa mendapatkan informasi berharga dari mereka. Pastikan bahwa pejantan dan betina memiliki ukuran yang hampir sama, dan pertimbangkan untuk membeli dua pasang jika saja pasangan pertama tidak berhasil.
  • Kebanyakan ikan cupang di toko hewan peliharaan berumur terlalu tua dan biasanya asal-usul genetiknya juga tidak jelas, tetapi ikan-ikan pada toko tersebut bisa menjadi cara yang lebih murah dan lebih mudah didapatkan dibandingkan dengan ikan peternak.
  • Bila Anda memilih untuk mengembangbiakkan cupang dari toko hewan peliharaan, waspada terhadap risiko yakni ketika Anda tidak bisa menemukan pembeli atau tempat tinggal untuk para burayak cupang, karena kebanyakan toko hewan peliharaan tidak akan membelinya. Karena Anda tidak mengetahui sifat genetik apa yang Anda silangkan dalam pengembangbiakan, mungkin saja Anda akan menghasilkan ikan yang sakit atau tidak diinginkan dari proses tersebut.

Bagian 2 : Mempersiapkan Kondisi Pengembangbiakan.

1. Biarkan cupang membiasakan diri. Akan sangat baik bila Anda membiarkan ikan Anda untuk beradaptasi dengan lingkungan selama beberapa bulan sebelum Anda mengawinkannya. Namun, tetap ingat bahwa umur terbaik untuk cupang jantan kawin adalah sebelum ia berumur lebih dari 14 bulan. Mulailah pengembangbiakan saat Anda memiliki masa senggang yang panjang.
  • Dimulai dari sejak Anda mulai memperkenalkan pasangan cupang, Anda harus meluangkan setidaknya beberapa jam setiap hari untuk lebih dari 2 bulan untuk merawat pasangan tersebut dan anak-anaknya. Pastikan bahwa Anda tidak memiliki rencana liburan, perjalanan kerja, ataupun rencana yang akan sangat menyibukkan Anda dalam rentang waktu tersebut.

2. Persiapkan wadah pengembangbiakan. Wadah ini harus berukuran 19-38 L dan memiliki sekat yang bisa dilepas, beberapa tempat persembunyian, dan filter yang bisa diatur (seperti filter spons dengan katup pengatur), dan sebuah alat penghangat yang menjaga suhu berada pada 27 derajat Celsius. Jangan menambahkan pasir, kerikil, ataupun substrat lainnya ke dalam wadah pengembangbiakan karena telur akan hilang saat jatuh. Isi wadah tersebut dengan air setinggi 12-15 cm, dan letakkan wadah pada tempat di mana terdapat beberapa pengalih, seperti ikan lain, warna terang, dan aktivitas manusia. 
3. Berikan pakan hidup ketika Anda sudah siap untuk mengawinkannya. Artemia hidup atau cacing darah adalah contoh pakan hidup terbaik, tetapi jenis cacing-cacing lainnya, jangkrik, kecoak, dan serangga-serangga lainnya (yang telah dipotong) juga bisa Anda berikan. Merupakan ide yang baik bila Anda memelihara pakan hidup tersebut atau membelinya dari toko hewan peliharaan atau peternak untuk menghindari bakteri, kotoran, dan zat kimia yang mungkin dimiliki oleh serangga liar. Bila Anda tidak bisa mendapatkan pakan hidup, Anda bisa mencoba artemia beku dan cacing darah beku.
4. Mulailah memelihara pakan burayak. Burayak cupang sangatlah kecil, dan hanya memakan pakan hidup, sehingga Anda perlu memberikan pakan hidup yang sangat-sangat kecil untuk mereka ketika mereka sudah siap. Mulailah sekarang agar bisa dipastikan bahwa Anda memiliki persediaan pakan hidup burayak yang cukup ketika Anda memerlukannya beberapa minggu mendatang. Cacing mikro mungkin adalah pakan terbaik, tetapi beberapa peternak memilih infusoria atau belut cuka. Artemia juga bisa diberikan sebagai pakan burayak, tetapi hanya sebagai moderasi dengan sumber pakan lainnya, karena terlalu banyak artemia bisa menyebabkan kelainan pencernaan pada ikan.
5. Perkenalkan pasangan cupang. Di saat kultur pakan hidup sudah berjalan cukup lancar dan pasangan ikan telah mengonsumsi pakan hidup selama satu atau dua minggu, maka Anda siap untuk memperkenalkan pasangan tersebut kepada satu sama lain. Pindahkan pasangan ikan tersebut sehingga mereka bisa melihat satu sama lain dengan jelas, namun tetap terpisah. Anda bisa melakukannya dengan mendekatkan kedua wadah ikan-ikan tersebut, ataupun dengan memasukkan mereka ke dalam sisi yang berbeda dalam satu wadah perkawinan dan dipisahkan oleh sekat. Sangatlah penting untuk pasangan ikan untuk saling melihat satu sama lain sebelum benar-benar dicampurkan menjadi satu untuk meminimalkan risiko luka serius.
  • Beberapa peternak memasukkan pejantan ke dalam wadah tanpa sekat dan menggunakan cangkir plastik bening atau cerobong kaca lampu minyak untuk memperkenakan sang betina. Ketika menggunakan cara ini, sang betina hanya boleh diperkenalkan selama beberapa jam dalam sehari, karena ia dimasukkan dalam wadah yang sangat kecil. Biarkan kedua ikan tersebut saling melihat satu sama lain untuk beberapa hari.
  • Beberapa peternak memisahkan mereka untuk beberapa hari sebelum memperkenalkan mereka lagi untuk beberapa hari, lalu maju ke tahap berikutnya.
6. Amati perilaku mereka. Lihatlah apakah pasangan cupang tersebut saling tertarik atau tidak. Sang pejantan akan berenang di sekitar betina dan menunjukkan sirip-siripnya dengan mengembangkan dan memamerkan diri secara keseluruhan. Sang betina akan menunjukkan garis-garis vertical pada tubuhnya dan menundukkan kepalanya. Beberapa tingkah laku agresif adalah perilaku yang normal, tetapi bila mereka saling mengembang dan mencoba untuk menyerang satu sama lain melalui sekat, Jangan mencampurkan kedua ikan itu bersama. Lebih baik bila Anda memisahkannya dan mencobanya lagi nanti, atau cobalah pasangan cupang yang lain. 
Bagian 3: Mengembangbiakkan Cupang

1. Angkatlah sekat pemisah kedua cupang. Ketika sang pejantan telah siap untuk berkembang biak, ia akan membuat sarang gelembung yang besar. Ketika ini terjadi, matikan filter dan masukkan sang betina ke dalam wadah sang pejantan, dan pastikan Anda memperhatikan pasangan cupang tersebut. Mungkin saja sang pejantan akan mengganggu sang betina, menjepit siripnya dan mengejarnya ke sana kemari. Ini tidak masalah selagi keduanya tidak saling membahayakan. Masa percumbuan sepasang ikan ini mungkin akan berlangsung selama beberapa jam atau bahkan beberapa hari. Pastikan bahwa terdapat banyak tempat persembunyian di dalam wadah yang bisa digunakan bagi sang betina untuk bersembunyi dari gangguan sang pejantan, dan sering-seringlah memeriksa pasangan tersebut untuk mencegah terjadinya luka yang serius. 

2. Biarkan prosesnya terjadi secara alami. Pejantan akhirnya akan berhasil mendapatkan sang betina di bawah sarang gelembung dan mereka akan saling merangkul. Akan terjadi beberapa rangkulan hingga telur terproduksi. Lalu sang betina akan masuk ke dalam tahap 'seperti zombie' sembari telur-telur putih dari dalam ovipositor berkeluaran dan gugur ke dasar wadah. Sang pejantan akan berenang ke bawah dan mengambil telur-telur yang jatuh, dan memasukkan satu per satu telur tersebut ke dalam sarangnya. Beberapa cupang betina akan membantu proses pemungutan telur ketika mereka sudah pulih, tetapi ada juga yang akan memakan telur-telurnya, jadi perhatikanlah dengan seksama dan pisahkan sang betina dari dalam wadah bila ia memakan telur-telurnya. Mungkin saja pasangan tersebut akan lanjut saling merangkul, tetapi pada akhirnya sang betina akan berhenti mengeluarkan telur. 
3. Pisahkan sang betina. Ketika sang betina telah selesai mengeluarkan telur, sang pejantan akan mengganggunya lagi, dan sang betina akan bersembunyi. Secara perlahan, keluarkan sang betina dengan cara menyendoknya dan masukkan ia ke dalam tangkinya sendiri. Teteskan Maroxy ke dalam tangkinya untuk membantu penyembuhan siripnya. Meneteskan Maroxy ke dalam wadah pengembangbiakan juga merupakan ide yang baik, karena Maroxy dapat mencegah jamur untuk membunuh telur-telur.
4. Biarkan sang pejantan di dalam wadah pengembangbiakan hingga burayak bisa berenang dengna baik. Biasanya kurang lebih sekitar tiga hari setelah penetasan. Beberapa peternak biasanya tidak akan memberi makan sang pejantan dalam masa ini. Ini bertujuan untuk mengurangi risiko sang pejantan memakan telur-telur dan burayak. Beberapa peternak lain akan memberi sang pejantan sedikit makanan setiap dua hari sekali. Bila Anda memilih untuk memberinya makan, jangan khawatir bila ia tidak langsung memakannya, tetapi teruslah tawarkan makanan kepadanya, dan bersihkan sisa-sisa makanan dengan pipet. Biarkan filter dalam posisi mati untuk mencegah adanya arus yang akan mengganggu burayak, tetapi biarkan cahaya lampu terus menerangi wadah pada siang hari maupun malam.
Bagian 4 : Merawat Burayak 
1. Tunggulah hingga burayak menetas dari dalam telur. Ketika burayak baru saja menetas, mereka akan menggantung di sarang gelembung, dan sang pejantan akan mengangkat burayak yang jatuh dan mengembalikannya ke dalam sarang. Setelah beberapa hari, para burayak akan mulai "berenang bebas," berenang secara horizontal dan berkeliaran menjauhi sarangnya. Sebelum sampai tahap ini, burayak akan memakan sisa zat makanan yang terdapat pada kuning telurnya, dan tidak bisa makan sendiri. 
2. Pisahkan pejantan dari dalam wadah pengembangbiakan, berhati-hatilah agar tidak menjaring burayak. Sang pejantan bisa kembali kepada rutinitas dan jadwal makan yang normal. Bila ia masih terlihat terluka akibat proses percumbuan, teteskan Maroxy untuk membantu proses pemulihan. 

3. Berikan makanan pada burayak. Setelah pejantang dipisahkan, berikan para burayak cacing mikro hidup dengan jumlah sedikit sesegera mungkin. Beri makan dua kali sehari, dan perhatikan secara seksama berapa banyak makanan yang dimakan. Bila cacing mikro hidup masih tersisa di saat Anda harus memberi makan lagi, maka Anda bisa melewatkannya karena para burayak masih memiliki makanan. Bila Anda melihat banyak cacing mikro yang mati, Anda telah memberi terlalu banyak makanan, sehingga Anda harus mengurangi porsi makanan yang Anda berikan. Burayak harus diberi makanan yang sangat kecil dan hidup seperti,
  • Infusoria: Infusoria bisa menjadi pakan bagi burayak untuk minggu pertama hidup burayak.
  • Cacing mikro: Anda perlu membeli kultur pemulainya, setelah itu Anda tidak perlu membelinya lagi. Baik untuk burayak berumur 3-40 hari.
  • Artemia: Artemia sangat mudah ditetaskan dan dikontrol seberapa banyak yang Anda berikan pada burayak, tetapi memberi terlalu banyak artemia bisa menyebabkan masalah pencernaan pada burayak.
4. Berikan waktu bagi burayak untuk tumbuh. Jagalah suhu hangat untuk burayak pada temperatur 27 derajat Celsius dan tutupi wadah untuk mencegah aliran udara dan penguapan. Lanjutkan dengan meningkatkan jumlah makanan yang Anda berikan. Ketika burayak sudah bertumbuh cukup besar dan wadah pengembangbiakkan sudah tidak cukup untuk mereka, Anda harus memindahkannya ke wadah yang lebih besar. Tidak semua burayak akan bertahan hidup dalam minggu-minggu pertama, tetapi bila Anda melihat jumlah burayak yang mati sangat banyak setiap hari, mungkin terdapat masalah. Periksalah suhu, tingkat kandungan kimia, dan pertimbangkan kemungkinan untuk merawat infeksi yang mungkin terjadi pada burayak.
  • Ketika para burayak sudah berumur satu minggu, nyalakan filter, namun batasi aliran udara yang dihasilkan dengan katup pengatur, sehingga aliran udara hampir tidak terasa.
  • Ketika burayak sudah berumur dua minggu, mulailah melakukan sedikit (10%) pergantian air setiap beberapa hari untuk menjaga kebersihan wadah dan bebas dari sisa makanan, tetapi gunakanlah penyedot halus atau pipet agar tidak melukai burayak, dan tambahkan air bersih dengan sangat perlahan. Anda bisa mulai mematikan lampu wadah pada malam hari.
  • Dalam beberapa minggu selanjutnya, tingkatkan aliran filter secara bertahap, perhatikan burayak secara seksama untuk memastikan bahwa mereka cukup kuat untuk berenang melawan arus yang dihasilkan.
5. Pindahkan burayak ke wadah pertumbuhan. Pada saat burayak berumur 2 minggu, Anda harus memindahkannya pada wadah berukuran setidaknya 75 L. Pastikan bahwa suhu dan air dalam wadah baru sama dengan suhu dan air yang ada di wadah lama. Burayak sangatlah peka dan rentan -- satu kesalahan kecil saja bisa menyebabkan kematian burayak. Bila Anda sebelumnya menggunakan wadah berukuran 38 L yang diisi setengah penuh, Anda bisa memenuhi wadah tersebut dan memindahkan burayak ke dalam wadah 75 L pada saat mereka berumur 4-5 minggu. 
Bagian 5 : Merawat Burayak sampai Dewasa
1. Jauhkan pakan hidup dari burayak. Ketika burayak sudah berumur kira-kira satu bulan, Anda bisa secara bertahap mengganti makanan burayak menjadi makanan beku, lalu makanan beku yang dikeringkan, dan makanan ikan berbentuk butir ataupun lemping. Pastikan bahwa makanan telah dihancurkan dengan cukup halus sehingga bisa dimuat dalam mulut burayak yang kecil. Tawarkan sedikit makanan pengganti pakan hidup, lalu secara perlahan jauhkan burayak dari pakan hidup. Ingatlah untuk selalu membersihkan sisa makanan. 
2. Pisahkan para cupang jantan. Ketika para pejantan sudah mulai berkelahi (pada umur sekitar 5-8 minggu), sudah saatnya bagi Anda untuk mengeluarkan mereka dari dalam wadah pertumbuhan. Masukkan masing-masing cupang jantan dalam wadah individu yang dekat antara satu dan yang lainnya, karena ikan cupang akan merasa stres bila terisolasi secara tiba-tiba.
  • Cupang jantan yang tidak berkelahi bisa dibiarkan bersama dengan para burayak betina hingga ia menjadi agresif.
  • Beberapa cupang jantan akan menolak makanan pada satu atau dua hari pertama; cobalah memberi mereka pakan hidup untuk merangsang nafsu makan mereka.
  • Teruslah memisahkan semua cupang jantan dan agresif karena mereka akan semakin jelas terlihat agresif. Dalam beberapa hari atau minggu setelahnya, Anda akan mulai mengisolasi para pejantan dengan sekat buram, karena para cupang jantan akan saling membuat satu sama lain tertekan, dengan mengembangkan sirip dan mencoba untuk menyerang cupang jantan pada wadah yang berdekatan.

3. Tentukan masa depan anak-anak ikan Anda. Bila Anda ingin menjualnya, mulailah menghubungi orang-orang yang berpotensi menjadi pembeli. Kebanyakan burayak akan menunjukkan ciri-ciri kedewasaannya pada umur 10-11 minggu, dan Anda bisa mulai memilih ikan-ikan terbaik untuk dikembangbiakkan nanti atau mengambil gambarnya untuk dikirim kepada para pembeli. Bila Anda mencoba untuk menciptakan sebuah garis genetik, Anda hanya akan memilih beberapa ikan terbaik dalam setiap gelombang pengembangbiakkan untuk dikembangbiakkan lagi, dan jual atau berikan sisanya kepada orang lain, atau Anda akan kesulitan merawat terlalu banyak ikan cupang yang tidak mampu Anda rawat.
4. Mengawinkan cupang muda. Ini memerlukan waktu dan pengalaman untuk melihat dan membedakannya; kadang-kadang peternak berpengalaman memasukkan dua ekor cupang jantan bersama-sama secara tidak sengaja.
  • Cupang jantan memiliki sirip yang lebih panjang, namun cupang jantan muda memiliki sirip pendek.
  • Cupang jantan mengembangkan sirip terhadap satu sama lain. Cupang betina biasanya tidak begitu, tetapi ada juga cupang betina yang seagresif cupang jantan.
  • Cupang betina memiliki titik telur, yang terdapat di perutnya; ini adalah tempat di mana telur dikeluarkan dalam proses perkawinan.
  • Cupang jantan akan membuat sarang gelembung; bila Anda memasukkan cupang jantan ke dalam stoples dan ia membuat sarang gelembung, maka ia adalah seekor pejantan. Tetapi, beberapa cupang betina juga membuat sarang gelembung, jadi pastikan bahwa Anda memeriksanya dengan seksama.

Tips

  • Beberapa pasang ikan tidak akan pernah cocok, mungkin karena mereka tidak saling suka, atau mungkin juga karena peternak yang buruk. Janganlah takut untuk mencoba lagi dengan pasangan ikan yang lain.
  • Burayak berkualitas tinggi dihasilkan dari induk berkualitas tinggi. Bila Anda berencana untuk menjual burayak Anda, melakukan investasi dengan membeli pasangan berkualitas tinggi sangatlah layak.
  • Beberapa peternak menyediakan sesuatu agar cupang jantan bisa membangun sarang gelembung di bawahnya, seperti gelas styrofoam, potongan daun selada, ataupun objek lain yang bisa mengapung.
  • Anda mungkin harus mengambil keputusan yang sulit untuk ikan-ikan yang terlahir dengan cacat parah. Bila ikan tersebut menderita, Anda mungkin akan mempertimbangkan eutanasia sebagai pilihan yang manusiawi. jangan pernah mengembangbiakkan ikan yang memiliki cacat seperti ikan yang bungkuk ataupun bersirip cacat.
  • Selalu gunakan jaring artemia (jaring yang sangat halus) untuk menjaring ikan cupang. Jaring standar akan menyobek sirip cupang yang halus dan rentan.
  • Wadah berukuran 38 L dengan 4 sekat pemisah bisa digunakan untuk memisahkan cupang jantan yang sedang bertumbuh. Dengan begini, Anda bisa menggunakan penghangat dan filter, sehingga lingkungan pertumbuhan akan lebih sehat dibandingkan dengan wadah atau stoples kecil di mana cupang tinggal sendiri.
  • Jangan pernah memberi burayak makanan ikan berbentuk lemping ataupun butir karena ukurannya terlalu besar bagi burayak dan burayak tidak akan menghiraukan makanan yang tidak hidup. Burayak akan mati kelaparan atau mati karena infeksi bakteri yang dihasilkan oleh sisa makanan.
  • Selalu bersihkan sisa makanan dari wadah burayak, atau sisa makanan tersebut akan membusuk dan menyebabkan infeksi bakteri.
  • Pastikan bahwa Anda tidak menyedot para burayak dalam proses pergantian air, burayak berukuran kecil dan mungkin tidak mampu berenang melawan arus.
  • Cari tahu dan pelajari sebanyak mungkin sebelum mengembangbiakkan cupang. Terdapat banyak sumber yang baik di internet, atau Anda bisa menanyai peternak ataupun ahli akuarium lokal.
  • Sebelum Anda mengembangbiakkan cupang, pastikan bahwa Anda memiliki rencana untuk para cupang muda. Cupang bisa menghasilkan lebih dari 500 burayak dalam satu kali perkawinan, jadi pastikan Anda tahu di mana mereka akan ditempatkan nantinya.
  • Bila Anda menghasilkan garis genetik yang unik dan stabil, berikan nama suku untuk ikan tersebut agar bisa digunakan untuk identifikasi nantinya.
  • Beberapa peternak memilih wadah kecil berukuran 7,6 L untuk mengembangbiakkan cupang. Hal ini dapat mempercepat proses perkawinan (karena terdapat ruang lebih kecil bagi cupang betina untuk kabur dan bersembunyi) dan artinya Anda harus memindahkan burayak ke wadah yang lebih besar pada umur yang lebih muda, yang mana bisa sangat berisiko dan menyebabkan kematian beberapa atau semua burayak bila dilakukan dengan tidak hati-hati.
  • Anda bisa memasangkan dua ekor cupang jantan, tetapi mereka tidak akan pernah kawin. Cukup hadapkan mereka antara satu sama lain, kecuali Anda memasukkan seekor cupang betina.

Peringatan

  • Mengembangbiakkan cupang membutuhkan investasi waktu, tenaga, dan uang yang banyak. Ini bukanlah hobi yang bisa dianggap enteng.
  • Terdapat sangat banyak kesalahan yang mungkin terjadi dari mulai Anda mengenalkan pasangan cupang hingga burayak menjadi dewasa. Persiapkan diri Anda untuk menghadapi beberapa kegagalan sebelum Anda benar-benar bisa melakukannya dengan baik.
  • Peternak yang bertanggung jawab mempelajari gen dan ciri-ciri dan memastikan bahwa mereka memiliki tempat bagi para burayak sebelum mengembangbiakkannya. Mengembangbiakkan cupang tanpa rencana lebih jauh bisa menyebabkan burayak yang dihasilkan tidak diinginkan.
  • Ingatlah untuk selalu berhati-hati ketika memberikan zat kimia dan pengobatan ke dalam wadah. Obat yang akan menyelamatkan nyawa dengan dosis yang sesuai bisa membunuh bila digunakan berlebihan. Pastikan bahwa Anda selalu membaca bungkus dan petunjuk obat dengan seksama dan jangan pernah menggunakannya lebih dari yang disarankan.

Hal-Hal yang Anda Butuhkan

  • 2 wadah untuk cupang dewasa
  • Wadah berukuran 38 L dan cahaya untuk perkawinan cupang
  • Sekat wadah atau cerobong kaca lampu minyak
  • Penghangat akuarium untuk menjaga suhu pada 27 derajat Celsius
  • Filter yang bekerja dengan halus
  • Penyedot yang bekerja dengan halus
  • Pipet
  • Tempat bersembunyi (tanaman, pipa pvc, dll.)
  • Jaring artemia
  • Maroxy, BettaFix, Ampicillin, atau obat lainnya
  • Pakan hidup untuk cupang dewasa (artemia/cacing darah)
  • Kultur pakan burayak (infusoria/cacing mikro)
  • Makanan beku, butir, ataupun lemping
  • Wadah untuk cupang jantan muda (50-100 L)
  • Wadah besar untuk kumpulan cupang muda (110-190 L)
sumber

Read More...

Trik Jitu : Membasmi Kutu Hewan Peliharaan dari Rumah.

                               Memang sangat menyebalkan jika kutu hewan peliharaan anda seperti kutu kucing atau kutu anjing, menyebar di sekitar rumah anda, di sofa, di tumpukan pakai anda atau di kasur tempat anda tidur,sangat menyebalkan dan sangat berbahaya, bisa menyebabkan gatal-gatal, bengkak dan hal lainnya yang sangat berbahaya.
oleh karena itu saya membagikan beberapa cara untuk membasmi kutu hewan tersebut dari rumah anda.
Trik Jitu : Membasmi Kutu Hewan Peliharaan dari Rumah.

Langkah 1 : Bersihakan rumah anda.
1. Masukkan semua alas tidur (seprai) hewan peliharaan ke mesin cuci. Termasuk apapun yang biasa digunakan hewan peliharaan Anda untuk berbaring atau tidur-tiduran. Jika alas tidur itu bisa masuk ke dalam pengering mesin cuci, panaskan sekitar 15 atau 20 menit untuk membunuh kepinjal dewasa, larva dan telurnya.
2. Bersihkan semua tempat dengan vakum cleaner. Lakukan ini terutama di area yang tidak terkena sinar matahari (kepinjal menyukai tempat yang lembab dan dingin), di mana saja Anda menemukan darah kering dan kotoran kepinjal, dan di sela-sela lapisan perabot rumah. Sebelum menyedot karpet, taburkan garam, Borax atau baking soda di seluruh bagian karpet. Bersihkan kotoran dan debu di balik karpet dengan sapu. Biarkan selama beberapa jam; semua bahan yang Anda taburkan tadi bisa membuat telur kepinjal yang terselip jauh di dalam karpet menjadi kering. 
  • Ketika melakukan hal itu, jangan biarkan hewan peliharaan Anda berjalan di atas karpet, karena bahan yang Anda taburkan bisa menempel di kaki mereka, dan bisa membuat mereka sakit apabila mereka menjilati kaki mereka. Jika ada kemungkinan hewan peliharaan Anda tetap menginjak karpet, gunakan baking soda dan taburkan secara menyeluruh di dasar karpet sehingga permukaan karpet tetap aman ketika peliharan Anda berjalan di atasnya.
  • Jika kantong vakum telah penuh, masukkan hasil penyedotan ke dalam kantong plastik yang tertutup rapat dan letakkan di tempat sampah yang memiliki penutup, dan sebaiknya diletakkan di luar ruangan. Tindakan ini mencegah kemungkinan kepinjal keluar dari tempat sampah dan berkeliaran lagi di rumah Anda dengan nyaman.
3. Gunakan alat penurun kelembaban (dehumidifier), bisa satu atau dua alat tergantung ukuran ruangan Anda. Ruangan yang berukuran 4x4 m membutuhkan sebuah dehumidifier berdaya 10L/Hari (menghilangkan 10L air yang ada di udara per hari). Kepinjal membutuhkan minimal 50% kelembaban relatif agar bisa hidup. Menurunkan kelembaban ruangan di bawah 50% selama 2 hari akan membunuh kepinjal dewasa dan larvanya, serta mencegah telur kepinjal menetas. Anda tinggal menyedot bangkai dan telur kepinjal dengan vakum.
4. Bersihkan area di luar rumah tempat hewan peliharaan Anda biasa berkeliaran. Potonglah rumput dan gulma dan paparkan di bawah sinar matahari setiap tempat yang lembab, dingin dan gelap (tempat yang disukai kepinjal), atau jagalah agar hewan peliharaan Anda menjauh dari tempat tersebut.

Langkah 2 : Bersihkan Hewan Peliharaan Anda
1. Mandikan hewan peliharaan Anda. Gunakan shampo yang lembut. Pertama kali cucilah lehernya agar kepinjal tidak melompat ke kepala ketika Anda memandikannya. Lakukan dengan teliti, karena mungkin akan ada beberapa ekor kepinjal yang berjatuhan dan mengapung di dalam air.
2. Buatlah ramuan anti kepinjal. Siapkan dua cangkir daun rosemary segar dan masukkan ke dalam dua liter air. Rebus selama tiga puluh menit. Saring ramuan tersebut, buang daunnya dan campurlah dengan 4 liter air hangat. Siramkan ramuan ini seluruh bagian tubuh hewan peliharaan Anda. Jangan membilas atau mengeringkan hewan peliharaan Anda, tetapi biarkan hewan peliharaan Anda kering dengan sendirinya.
Lakukan tindakan ini jika cuaca sedang panas. Tambahkan pula 2 sampai 3 tetes campuran lemon di bawah ikat leher hewan peliharaan Anda agar kepinjal keluar.
 
3. Gunakan sisir kutu. Setelah hewan peliharaan Anda kering, gunakan sisir kutu yang dirancang khusus untuk menghilangkan kutu agar kutu membandel yang masih berdiam di bulu hewan peliharaan Anda bisa disingkirkan. Sikat seluruh tubuh mereka. 
4. Buatlah ramuan pengusir kutu. Tetesi ikat leher atau selempang leher hewan peliharaan dengan minyak kayu putih, minyak pohon teh, serai, lavender, atau geranium. Tindakan ini harus dilakukan secara mingguan.
  1. Catatan: Jangan gunakan minyak saripati tumbuhan (minyak esensial) pada kucing! Kucing sangat sensitif terhadap minyak kayu putih dan minyak pohon teh. Kemampuan kucing untuk mengolah minyak esensial yang dihirup, ditelan atau diserap melalui kulit sangat lemah dan terlalu beresiko untuk membebani sistem metabolisme kucing dengan bahan-bahan tersebut.
  2. Anda harus hati-hati dengan minyak pohon teh, gunakan minyak ini tidak lebih dari 1%. Minyak pohon teh dapat menyebabkan mual, muntah, lesu dan lemah, sehingga harus digunakan dengan hati-hati. Dosis yang lebih besar tidak menimbulkan efek yang lebih baik.
Langkah 3 :  Menyingkirkan Kutu (Kepinjal):
1. Gunakan ragi. Kepinjal tidak suka rasa dari ragi. Belilah ragi dan gosokkan pada kulit hewan peliharaan Anda. Anda juga bisa menambahkan sedikit ragi ke dalam makanan basah hewan peliharaan Anda.
2. Gunakan Pennyroyal.Minyak pennyroyal bisa menghambat kepinjal. Tempatkan di sekitar rumah Anda. Jangan lakukan hal ini jika hewan peliharaan Anda adalah hewan pemakan tumbuhan atau jika anak-anak Anda biasa bermain di sekitar rumah.  
3. Buatlah semproton dari jeruk. Masukkan irisan lemon ke dalam setengah liter air dan rebus sampai mendidih. Biarkan campuran ini sampai semalam dan di pagi hari, semprotkan ke area yang biasa ditempati kepinjal (hati-hati jangan sampai menodai perabot rumah Anda) dan gosokkan pada bulu hewan peliharaan Anda. Jangan rendam bulunya, tetapi cukup dibasahi saja. Lakukan hal ini sebulan sekali untuk memerangi kepinjal.
Saat pertama kali digunakan, jangan menggunakan ramuan ini terlalu banyak, dan awasi jika ada tanda-tanda gangguan pencernaan pada hewan peliharaan Anda.

Langkah 4 : Tindakan Lanjutan Jika dibutukan:
1. Gunakan air sabun. Jika kepinjal bermukim di sebuah area tertentu di pekarangan atau rumah Anda, isilah sebuah panci aluminium dengan air sabun dan letakkan di area tersebut (misalnya dibawah tempat tidur). Kepinjal akan terjebak di atas air karena adanya tekanan dari permukaan air tersebut. Gantilah airnya setiap hari sampai tidak ada kepinjal lagi. Jika Anda meletakkan panci itu di luar rumah, gantilah airnya setiap hari untuk mencegah nyamuk berkembang biak.
2. Ulangi kegiatan bersih-bersih rumah sesering mungkin. Jika ada tempat bermukim kepinjal yang terlewat, mereka tidak akan sempat berkembang biak.
  1. Bersihkan rumah dengan vakum cleaner secara menyeluruh setiap hari. Karena kepinjal bisa kebal terhadap insektisida, sedotlah rumah Anda secara teratur agar penyebaran kepinjal bisa dekendalikan.
  2. Potonglah rumput secara teratur.
  3. Cucilah alas tidur hewan peliharaan dengan air panas yang diberi sabun setidaknya sekali seminggu.
3. Buatlah perangkap kepinjal. Tindakan ini bisa membantu Anda untuk memantau kemajuan yang telah Anda capai. Semakin banyak kepinjal yang muncul, Anda harus lebih sering membersihkan rumah dan area di sekitar rumah. 

Tips

  • Letakkan kulit pisang di area tempat tinggal kepinjal. Letakkan dengan bagian dalam kulit pisang menghadap ke atas dan jangan diletakkan di karpet atau lantai. Dalam beberapa hari kepinjal akan mati.
  • Vacum cleaner memiliki kemampuan membunuh yang hampir sama dengan produk-produk pembasmi hama lainnya dan sangat efektif jika digunakan pada lantai kayu yang memiliki banyak celah. Sedotlah ruangan yang penuh dengan kepinjal dua kali sehari, dan lihatlah apakah tindakan ini bisa menyelesaikan masalah atau tidak.
  • Tanyakan pada dokter hewan sebelum mencoba memberikan pengobatan pada hewan peliharaan Anda. Dokter bisa menilai aman atau tidak perlakuan tersebut bagi hewan peliharaan Anda, dan dia mungkin akan memberi beberapa tips tambahan yang ampuh untuk mengatasi dan mencegah kepinjal.
  • Keluarkan hewan peliharan dari rumah atau kurung di kamar mandi sehingga kepinjal yang ada di tubuh mereka tidak akan melompat ke tempat yang baru Anda bersihkan.
  • Anda harus paham bahwa meskipun ini adalah solusi yang "alami", metode ini tetap bisa membahayakan hewan peliharaan dan juga para penghuni rumah. Waspadalah apabila ada tanda-tanda ketidaknyamanan dan penyakit pada hewan atau penghuni rumah.
  • Ambil kulit jeruk bali dan rendam di dalam air yang digunakan untuk mandi hewan peliharaan Anda. (Itu jika jeruk bali tidak membawa masalah pada hewan Anda). Kepinjal biasanya membenci bau jeruk bali dan melompat keluar, tetapi lakukan hal ini di luar rumah.

Peringatan

  • Hati-hati jangan terlalu banyak menggunakan apa pun, terutama minyak esensial. Minyak atsiri juga merupakan bahan yang beracun bagi banyak hewan terutama kucing. Konsultasikan dengan dokter hewan terlebih dahulu.
  • Hati-hati ketika menggunakan minyak pohon teh, gunakan tidak lebih dari 1%. Minyak ini bisa menyebabkan mual, muntah, lesu dan lemah, dan harus digunakan dengan hati-hati. Menggunakannya dalam jumlah yang lebih banyak, tidak akan memberi hasil yang lebih baik.
  • Banyak para pendukung herbal yang mengatakan bahwa BEBERAPA minyak esensial bisa digunakan dengan aman untuk kucing. Kuncinya adalah jangan terlalu berlebihan menggunakannya. Minyak yang aman untuk kucing diantaranya adalah Cedarwood, Serai, Peppermint, dan Rosemary. HINDARI minyak pohon teh dan minyak jeruk (lemon, jeruk keprok, jeruk bali, dll). Minyak serai aman karena terbuat dari daun dan batang serai, jadi berbeda dengan minyak jeruk. Untuk informasi lebih lanjut, lakukan pencarian di internet dengan mengetikkan "minyak esensial yang aman untuk kucing". Bacalah beberapa situs yang berbeda, jangan bergantung pada satu atau dua situs tanpa membandingkannya dengan situs-situs yang lain.
  • Perhatikan hewan Anda dengan cermat untuk mengamati munculnya tanda-tanda sensitif pada hewan tersebut. Jangan menerapkan semua hal secara bersamaan. Cobalah satu hal pada suatu waktu tertentu agar Anda tahu apakah perlakuan itu mengganggu kesehatan atau kenyamanan hewan peliharaan Anda atau tidak.
  • Pennyroyal adalah racun yang sudah dikenal. Berhati-hatilah ketika menggunakannya. Bahan ini bisa menyebabkan aborsi secara tiba-tiba dan tidak boleh digunakan pada wanita hamil atau hewan peliharaan yang sedang hamil.
  • Rosemary aman bagi hewan peliharaan jika digunakan dalam dosis kecil, tetapi berhati-hatilah jangan sampai berlebihan menggunakannya.
sumber
Read More...

Trik SEO 2018 : Tahun Baru dengan Cara Baru

                                 
Trik SEO 2018 : Tahun Baru dengan Cara Baru
Sumber : www.google.com
                                   Memang banyak “traffic source” yang bisa kita andalkan untuk mendapatkan pengunjung. Namun, Search Engine Optimization (SEO) masih mendapatkan porsi yang cukup besar. Karena dari sisi kualitas trafik, SEO tetap memiliki kualitas yang sangat bagus dibandingkan sumber trafik yang lainnya. Nah, menyambut tahun 2018. Kami ingin membahas beberapa stategi SEO yang bisa anda praktekan pada tahun 2018 nanti. Mengetahui dan mempraktekan strategi lebih awal adalah langkah yang baik dan penting. Sehingga anda bisa melakukan langkah-langkah penting ini sebelum kompetitor melakukannya.

#1. Penelusuran Suara

Dikatakan, pada tahun 2017 ini penelurusan menggunakan suara mencapai 20% dari seluruh penelusuran didunia. Ini artinya, jumlah penelusuran menggunakan surata sudah tidak sedikit dan ada kemungkinan semakin meningkat beberapa tahun ke depan. Terutama tahun 2018.
Nah, sebagai pebisnis online yang menggunakan Search Engine Optimization sebagai sumber traffic tentu wajib bagi kita untuk mempelajarinya.
Salah satu yang kecenderungan para pencari informasi adalah menggunakan pertanyaan yang lengkap untuk mendapatkan informasi.
Kenapa?
Karena dengan menggunakan suara, mereka tidak perlu capek-capek mengetikan kata per kata di kotak pencarian. Cukup dengan mengucapkan pertanyaan saja. Dan ini jauh lebih mudah bagi kebanyakan orang.
Ciri-ciri keyword yang digunakan menggunakan penelurusan suara adalah menggunakan kalimat pertanyaan menggunakan kata seperti apa, siapa, mengapa, dimana, kapan dan bagaimana.
Yang paling penting adalah menyediakan konten yang bisa menjawab pertanyaan mereka. Selain itu, jangan lupa untuk mengoptimasi bagian judulnya juga.

#2. Pengalaman pengguna

Seperti biasanya. Google tetap menyukai website yang memiliki pengalaman pengguna yang baik. Semakin baik pengalaman pengguna dari website anda, maka semakin besar kemungkinan website anda mendapatkan peringkat yang lebih baik di SERP Google.
Website yang memiliki pengalaman pengguna yang buruk seperti loading yang terlalu lambat, navigasi berantakan, terlalu banyak iklan dan website yang membingungkan, website seperti ini sangat besar peluangnya untuk turun peringkat dari waktu ke waktu.
Sebagai Konsultan SEO, bagi kami langkah ini sangat penting sekali dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Sehebat apapun SEO Offpage yang anda lakukan, namun pengalaman penggunanya buruk. Maka peringkat tidak akan bertahan lama.
Tapi, satu hal yang harus kita ketahui dan pahami. Standar pengalaman pengguna terus naik dari waktu ke waktu. Jika dulu cukup dengan website yang loadnya cepat, sekarang juga harus memiliki time on site yang lama. Bahkan terus berkembang dengan adanya klik link ke halaman lain. Faktor-faktor ini akan terus berkembang dan bertambah. Jadi, pastikan anda tidak ketinggalan.
Salah satu tool yang kami rekomendasikan digunakan untuk melakukan pelacakan pengalaman pengguna adalah Google Analytics. Menggunakan alat ini anda bisa mendapatkan banyak informasi terkait dengan perilaku pengguna di website anda.
Jika anda sudah mendapatkan informasi dari google analytics, selanjutnya anda bisa memperbaiki pengalaman pengguna agar terus lebih baik.

#3. Konten yang SEO Friendly

Ketika kami bicara tentang konten, itu artinya tidak hanya artikel saja. Disana ada video, gambar, pdf, powerpoin dan lain sebagainya.
Dan sampai hari dan mungkin sampai google ini tidak ada lagi. Konten masih menjadi factor penting dan krusial dalam menentukan peringkat website anda. Karena konten ini berdampak langsung pada pengalaman pengguna. Jadi, berusahalah untuk membuat konten yang menarik dan seo friendly.
Jika website anda saat ini belum mendapatkan peringkat di halaman 1 google. Maka, salah satu checklist dalam upaya perbaikan adalah evaluasi konten anda. APakah konten yang anda sediakan sudah lebih baik dibandingkan competitor anda yang berada di halaman 1 google.
Jika konten anda lebih buruk dan anda ngotot untuk tidak merubahnya. Maka sangat sulit bagi website anda untuk mendapatkan peringkat di halaman 1 google.
Jadi, evaluasilah konten website anda sekarang juga. Termasuk untuk menyambut tahun 2018 nanti. Ini adalah bagian yang sangat penting dan krusial. Sekali lagi. Ini sangat penting.

#4. Selektif dalam melakukan Link Building

Backlink juga masih menjadi factor penting dalam menentukan peringkat website anda. Karena melalui backlink google bisa mengukur otoritas dari website anda. Semakin banyak website yang memberikan backlink ke website kita, maka semakin otoritas website kita.
Tapi, ingat. Anda Tidak tidak boleh memasang sembarangan backlink.
Dan inilah mengapa anda harus selektif dalam melakukan link building. Ibarat makanan, tidak semua makanan itu baik bagi tubuh. Ada juga makanan yang justru dampaknya tidak baik bagi tubuh anda. Begitu juga dengan backlink. Tidak semua backlink bagus untuk website anda.
Bagi anda yang masih bingung dengan backlink yang cocok untuk website anda, silahkan baca tulisan kami berikut ini : Kriteria backlink berkualitas untuk website.

#5. Raih rank o pada SERP

Google terus mengembangkan produknya untuk memberikan hasil yang lebih baik bagi pencari informasi. Salah satunya adalah cuplikan yang sering kita lihat pada bagian atas. Praktisi SEO menyebutnya dengan “peringkat 0”.
Jika anda bisa mengakuisisi peringkat nol ini, maka sangat besar peluang anda untuk mendapatkan traffic yang lebih banyak. Cuma ini tidak mudah. Dibutuhkan usaha dan trik yang tidak sederhana.
Setelah kami amati, beberapa website yang berada di peringkat nol ini biasanya menggunakan frasa “siapa, apa, bila, dimana, jenis dan lain sebagianya.” Tapi pastikan dulu website anda berada di halaman pertama terlebih dahulu.

#6. Meningkatkan CTR

Secara sederhana, CTR bisa diartikan dengan jumlah klik dari total tayang ketika berada dihalaman 1 google. Misalnya, jumlah pencari informasi yang mengetikan kata kunci di google sebanyak 1000 kali. Dan website anda mendapatkan klik sebanyak 30 kali. Maka CTR dari website anda adalah (30/1000)*100, yaitu : 3%
Semakin tinggi CTR website anda, maka semakin besar peluang website anda bertahan di halaman 1 google. Bahkan, anda berpeluang mendapatkan peringkat nol.
Berikut ini adalah cara meningkatkan CTR website anda di SERP Google :
#1. Optimasi judul dan deskripsi halaman website anda. Jangan terlalu pendek dan juga terlalu Panjang. Sisipkan juga kata-kata yang mampu mendorong pengunjung untuk mengklik website anda. Misalnya : Trik Terbaru, Solusi praktis dan lain sebagainya.
#2. Optimalkan url halaman website anda. Jika anda menggunakan WordPress maka url akan otomatis menggunakan judul yang anda gunakan.
#3. Gunakan angka pada judul halaman anda. Misalnya : 7 Trik Rahasia para Mastah. Diakui atau tidak, ketika menggunakan angka CTR anda akan jauh lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakannya.

#7. Website Mobile Friendly & Responsive

Seperti penelusuran suara, pengguna perangkat mobile terus meningkat setiap tahunnya. Jika anda tidak ingin kehilangan pengunjung dari perangkat mobile, maka anda harus memastikan website anda mobile friendly dan responsive.

#8. Gunakan Konten Video

Penulis sendiri sangat suka dengan konten video. Melalui video kita mendapatkan informasi yang lebih lengkap dengan visualisasi yang menarik. Ini membuat pengalaman pengguna semakin baik.
Oleh karenanya, kami sangat menyarankan anda untuk menyertakan video pada setiap tulisan yang diterbitkan di website anda. Anda bisa membuatnya sendiri atau mengambil video yang relevan di  youtube.
Itulah beberapa strategi SEO yang bisa anda praktekan pada tahun 2018 ini. Pastikan anda melakukan beberapa hal yang sudah kami sebutkan diatas untuk bisa menguasai halaman 1 google dengan mudah.
Sampai jumpa dihalaman 1 Google

sumber:
Read More...
 

Home | Info Ads | Page Rank | SEO | Blog | Sitemap

COPAZZ ABIESS © Template Design by Herro | Publisher : Templatemu| Modified by : Dep Agoes