Trik SEO 2021: Tahun Baru dengan Cara Baru

                                
Trik SEO 2018 : Tahun Baru dengan Cara Baru
Sumber : www.google.com
                                   Memang banyak “traffic source” yang bisa kita andalkan untuk mendapatkan pengunjung. Namun, Search Engine Optimization (SEO) masih mendapatkan porsi yang cukup besar. Karena dari sisi kualitas trafik, SEO tetap memiliki kualitas yang sangat bagus dibandingkan sumber trafik yang lainnya. Nah, menyambut tahun 2018. Kami ingin membahas beberapa stategi SEO yang bisa anda praktekan pada tahun 2018 nanti. Mengetahui dan mempraktekan strategi lebih awal adalah langkah yang baik dan penting. Sehingga anda bisa melakukan langkah-langkah penting ini sebelum kompetitor melakukannya.

#1. Penelusuran Suara

Dikatakan, pada tahun 2017 ini penelurusan menggunakan suara mencapai 20% dari seluruh penelusuran didunia. Ini artinya, jumlah penelusuran menggunakan surata sudah tidak sedikit dan ada kemungkinan semakin meningkat beberapa tahun ke depan. Terutama tahun 2018.
Nah, sebagai pebisnis online yang menggunakan Search Engine Optimization sebagai sumber traffic tentu wajib bagi kita untuk mempelajarinya.
Salah satu yang kecenderungan para pencari informasi adalah menggunakan pertanyaan yang lengkap untuk mendapatkan informasi.
Kenapa?
Karena dengan menggunakan suara, mereka tidak perlu capek-capek mengetikan kata per kata di kotak pencarian. Cukup dengan mengucapkan pertanyaan saja. Dan ini jauh lebih mudah bagi kebanyakan orang.
Ciri-ciri keyword yang digunakan menggunakan penelurusan suara adalah menggunakan kalimat pertanyaan menggunakan kata seperti apa, siapa, mengapa, dimana, kapan dan bagaimana.
Yang paling penting adalah menyediakan konten yang bisa menjawab pertanyaan mereka. Selain itu, jangan lupa untuk mengoptimasi bagian judulnya juga.

#2. Pengalaman pengguna

Seperti biasanya. Google tetap menyukai website yang memiliki pengalaman pengguna yang baik. Semakin baik pengalaman pengguna dari website anda, maka semakin besar kemungkinan website anda mendapatkan peringkat yang lebih baik di SERP Google.
Website yang memiliki pengalaman pengguna yang buruk seperti loading yang terlalu lambat, navigasi berantakan, terlalu banyak iklan dan website yang membingungkan, website seperti ini sangat besar peluangnya untuk turun peringkat dari waktu ke waktu.
Sebagai Konsultan SEO, bagi kami langkah ini sangat penting sekali dan tidak boleh diabaikan begitu saja. Sehebat apapun SEO Offpage yang anda lakukan, namun pengalaman penggunanya buruk. Maka peringkat tidak akan bertahan lama.
Tapi, satu hal yang harus kita ketahui dan pahami. Standar pengalaman pengguna terus naik dari waktu ke waktu. Jika dulu cukup dengan website yang loadnya cepat, sekarang juga harus memiliki time on site yang lama. Bahkan terus berkembang dengan adanya klik link ke halaman lain. Faktor-faktor ini akan terus berkembang dan bertambah. Jadi, pastikan anda tidak ketinggalan.
Salah satu tool yang kami rekomendasikan digunakan untuk melakukan pelacakan pengalaman pengguna adalah Google Analytics. Menggunakan alat ini anda bisa mendapatkan banyak informasi terkait dengan perilaku pengguna di website anda.
Jika anda sudah mendapatkan informasi dari google analytics, selanjutnya anda bisa memperbaiki pengalaman pengguna agar terus lebih baik.

#3. Konten yang SEO Friendly

Ketika kami bicara tentang konten, itu artinya tidak hanya artikel saja. Disana ada video, gambar, pdf, powerpoin dan lain sebagainya.
Dan sampai hari dan mungkin sampai google ini tidak ada lagi. Konten masih menjadi factor penting dan krusial dalam menentukan peringkat website anda. Karena konten ini berdampak langsung pada pengalaman pengguna. Jadi, berusahalah untuk membuat konten yang menarik dan seo friendly.
Jika website anda saat ini belum mendapatkan peringkat di halaman 1 google. Maka, salah satu checklist dalam upaya perbaikan adalah evaluasi konten anda. APakah konten yang anda sediakan sudah lebih baik dibandingkan competitor anda yang berada di halaman 1 google.
Jika konten anda lebih buruk dan anda ngotot untuk tidak merubahnya. Maka sangat sulit bagi website anda untuk mendapatkan peringkat di halaman 1 google.
Jadi, evaluasilah konten website anda sekarang juga. Termasuk untuk menyambut tahun 2018 nanti. Ini adalah bagian yang sangat penting dan krusial. Sekali lagi. Ini sangat penting.

#4. Selektif dalam melakukan Link Building

Backlink juga masih menjadi factor penting dalam menentukan peringkat website anda. Karena melalui backlink google bisa mengukur otoritas dari website anda. Semakin banyak website yang memberikan backlink ke website kita, maka semakin otoritas website kita.
Tapi, ingat. Anda Tidak tidak boleh memasang sembarangan backlink.
Dan inilah mengapa anda harus selektif dalam melakukan link building. Ibarat makanan, tidak semua makanan itu baik bagi tubuh. Ada juga makanan yang justru dampaknya tidak baik bagi tubuh anda. Begitu juga dengan backlink. Tidak semua backlink bagus untuk website anda.
Bagi anda yang masih bingung dengan backlink yang cocok untuk website anda, silahkan baca tulisan kami berikut ini : Kriteria backlink berkualitas untuk website.

#5. Raih rank o pada SERP

Google terus mengembangkan produknya untuk memberikan hasil yang lebih baik bagi pencari informasi. Salah satunya adalah cuplikan yang sering kita lihat pada bagian atas. Praktisi SEO menyebutnya dengan “peringkat 0”.
Jika anda bisa mengakuisisi peringkat nol ini, maka sangat besar peluang anda untuk mendapatkan traffic yang lebih banyak. Cuma ini tidak mudah. Dibutuhkan usaha dan trik yang tidak sederhana.
Setelah kami amati, beberapa website yang berada di peringkat nol ini biasanya menggunakan frasa “siapa, apa, bila, dimana, jenis dan lain sebagianya.” Tapi pastikan dulu website anda berada di halaman pertama terlebih dahulu.

#6. Meningkatkan CTR

Secara sederhana, CTR bisa diartikan dengan jumlah klik dari total tayang ketika berada dihalaman 1 google. Misalnya, jumlah pencari informasi yang mengetikan kata kunci di google sebanyak 1000 kali. Dan website anda mendapatkan klik sebanyak 30 kali. Maka CTR dari website anda adalah (30/1000)*100, yaitu : 3%
Semakin tinggi CTR website anda, maka semakin besar peluang website anda bertahan di halaman 1 google. Bahkan, anda berpeluang mendapatkan peringkat nol.
Berikut ini adalah cara meningkatkan CTR website anda di SERP Google :
#1. Optimasi judul dan deskripsi halaman website anda. Jangan terlalu pendek dan juga terlalu Panjang. Sisipkan juga kata-kata yang mampu mendorong pengunjung untuk mengklik website anda. Misalnya : Trik Terbaru, Solusi praktis dan lain sebagainya.
#2. Optimalkan url halaman website anda. Jika anda menggunakan WordPress maka url akan otomatis menggunakan judul yang anda gunakan.
#3. Gunakan angka pada judul halaman anda. Misalnya : 7 Trik Rahasia para Mastah. Diakui atau tidak, ketika menggunakan angka CTR anda akan jauh lebih baik dibandingkan dengan tidak menggunakannya.

#7. Website Mobile Friendly & Responsive

Seperti penelusuran suara, pengguna perangkat mobile terus meningkat setiap tahunnya. Jika anda tidak ingin kehilangan pengunjung dari perangkat mobile, maka anda harus memastikan website anda mobile friendly dan responsive.

#8. Gunakan Konten Video

Penulis sendiri sangat suka dengan konten video. Melalui video kita mendapatkan informasi yang lebih lengkap dengan visualisasi yang menarik. Ini membuat pengalaman pengguna semakin baik.
Oleh karenanya, kami sangat menyarankan anda untuk menyertakan video pada setiap tulisan yang diterbitkan di website anda. Anda bisa membuatnya sendiri atau mengambil video yang relevan di  youtube.
Itulah beberapa strategi SEO yang bisa anda praktekan pada tahun 2018 ini. Pastikan anda melakukan beberapa hal yang sudah kami sebutkan diatas untuk bisa menguasai halaman 1 google dengan mudah.
Sampai jumpa dihalaman 1 Google
Lebih baru Lebih lama