Menghasilkan Uang lewat Blog


menghasilakn uang lewat blog

Sebuah blog bisa menghasilkan uang, tentu banyak blogger yang sudah membuktikannya. Dari hobi menulis dan berbagi ide dan pengalaman di blog bisa mendapatkan penghasilan bukanlah hal yang mustahil. Karena sudah banyak terbukti hanya gara-gara ngeblog mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit.

Pada dasarnya jika dilihat cara mendapatkan (penghasilan) dari blog, ada 2 cara. Yaitu secara langsung dan tidak langsung. Kita bahas yang secara tidak langsung terlebih dahulu, maksudnya adalah karena gara-gara rajin ngeblog orang tersebut bisa mendapatkan uang. Contoh yang sukses adalah Raditya Dika, yang berawal dari menulis di blognya dengan tulisan yang jenaka, dia bisa menjadi seleb blog yang kemudian merambah ke dunia nyata.
Tentu masih banyak lagi blogger yang berhasil mendapatkan materi dari kegiatan yang membutuhkan ide kreatif ini. Karena tulisan-tulisan yang menariknya di suatu bidang tertentu dia bisa diundang menjadi pembicara, blogger yang hobby traveling bisa menuliskan pengalamannya di blog dan menjadikan buku. Biasanya blogger yang memiliki kreativitas tinggi, dan mampu membuat konten yang unik di blognya bisa menjadi terkenal dan yang secara langsung dan tidak langsung bisa mendapatkan uang gara-gara ngeblog.

Kemudian cara mendapatkan uang dari blog secara langsung. Cara ini banyak dipakai oleh kebanyakkan blogger. Yang dimaksud adalah, dengan memanfaatkan dengan menyediakan ruang (space) dari blognya untuk menampilkan iklan atau mengikuti lomba blog. Berikut adalah beberapa cara untuk mendapatkan uang dari blog secara langsung tersebut:
  1. Menambahkan iklan di blog. Dengan banyak tulisan (konten) yang sudah kita buat dan publikasikan di blog bisa mendatangkan traffick atau pengunjung. Sehingga blog kita bisa untuk menampilkan iklan. Dari mana orang mau memasang iklan di blog kita? Tidak usah khawatir, kita bisa memanfaatkan pihak ketiga, biasanya blogger memasang iklan dari agency iklan online, semisal ada; kliksaya.com, kumpulblogger.com, adsensecamp.com, sitti.co.id, idblognetwork.com dan Google Adsense. Jumlah uang yang didapatkan dari blog, dihitung berdasarkan jumlah klik iklan yang ditampilkan atau dikenal dengan istilah PPC (Pay Per Click).
  2. Mengikuti lomba blog. Dunia blogging semakin ramai, dan banyak kegiatan-kegiatan online yang memanfaatkan blog. Salah satu yang bisa kita manfaatkan untuk mendapatkan uang dari blog adalah dengan mengikuti lomba blog. Semakin hari semakin banyak lomba blog yang berhadiah cukup lumayan. Lomba blog biasanya ada 2 jenis, yaitu lomba blog untuk SEO dan kreativitas menulis. Kebanyakan lomba yang diselenggarakan adalah jenis lomba blog yang menutut kreativitas blogger dalam menulis. 
Jadi jika ada pertanyaan, Apakah dengan ngeblog bisa mendapatkan uang? Jawabnya bisa. Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari blog? Ada berbagai cara, berdasarkan pengalaman dan pengamatan, di atas adalah cara-cara mendapatkan uang (penghasilan) dari blog. Apakah blogger bisa dijadikan profesi tetap untuk mendapatkan penghasilan? Hanya sedikit yang berani dan mau, tidak tahu ke depannya bagaimana, tetapi konten tetap bisa memiliki nilai jual.

Tergantung motivasi apa yang mendasari dalam ngeblog, yang jelas kreativitas, keunikan menjadi penting. Jika kita menganggap ngeblog adalah sebagai hobi, kegiatan sampingan, passion (kesukaan) kita, ya jalani saja dengan sungguh-sungguh dan dengan hati. Kalau pun kita bisa mendapatkan uang dari blog, itulah bonusnya, kalau pun tidak mendapatkan juga tidak akan mengurangi semangat ngeblog. 

Posting Komentar

Post a Comment (0)

Lebih baru Lebih lama